Analisis Peningkatan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Berbantuan Audible Books

Authors

  • Dewi Astuti Universitas Terbuka
  • Jesi Alexander Alim Universitas Riau
  • Siti Aisyah Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.275

Keywords:

Literasi Matematis, Audible Books, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan literasi matematis siswa sekolah dasar berbantuan Audible books  dalam proses pembelajaran. Literasi matematis merupakan kemampuan siswa dalam memahami, menginterpretasi, dan menerapkan konsep matematika dalam berbagai konteks kehidupan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain pretest-posttest control group design yang dilakukan di SD Negeri 14 Bathin Solapan, pada siswa kelas II dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Audible books  dan kelas kontrol pada pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes literasi matematis yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data setelah perlakuan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil pre-test dan post-test sebesar  26,21 serta perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian, Hₐ diterima dan H₀ ditolak, yang berarti penggunaan Audible books dalam pembelajaran matematika memberikan peningkatan yang signifikan terhadap literasi matematis siswa sekolah dasar.

Published

29.04.2025

How to Cite

Astuti, D., Alim, J. A., & Aisyah, S. (2025). Analisis Peningkatan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Berbantuan Audible Books . Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(2), 87–96. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.275