PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nadhira Azra Khalil Universitas Samudra
  • Muhammad Rizki Wardana Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.45

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Matematika, Scratch, HOTS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil kemampuan Higher Order Thinking Skill siswa sekolah dasar. Rendahnya kemampuan Higher Order Thinking Skill siswa ini diakibatkan oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran SD dan karakteristik perkembangan era revolusi industry 4.0 yang berkaitan dengan teknologi dalam memecahkan permasalahan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi scratch untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill siswa sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain 4D. Instrumen pengumpulan data
menggunakan intrumen angket validasi, angket respon guru, angket respon siswa dan instrument tes Higher Order Thinking Skill. Teknik analisis data dengan cara mencari rata-rata skor penilaian yang kemudian dikonversikan dengan kategori yang sudah ditetapkan. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran ini mendapatkan skor rata-rata 100,5 dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas aspek guru terhadap mendapatkan skor 90,00 dengan kategori sangat praktis dan mendapatan skor 95,00 untuk aspek siswa dengan kategori sangat praktis. Uji efektivitas terhadap Higher Order Thinking Skill mengalami peningkatan sebanyak 27% dengan kemampuan awal mendapatkan skor 56,33 naik menjadi 83,33.

Published

31.07.2022

How to Cite

Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121–130. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.45