Pengembangan Komik Digital untuk Siswa Sekolah Dasar ‘Mengapa Kita Perlu Makan dan Minum’

Authors

  • Ramadhania Putri Anisa Nasution Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Riau
  • M Jaya Adi Putra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Riau
  • Jesi Alexander Alim Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v3i2.250

Keywords:

Pengembangan, Komik Digital, Mengapa Kita Perlu Makan dan Minum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail bagaimana pengembangan komik digital pada Materi Mengapa Kita Perlu Makan Dan Minum untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) Penelitian dilakukan di Pekanbaru dengan melibatkan dua validator yaitu validator ahli media dan validator ahli materi serta respon siswa dari 3 orang siswa kelas V SD. Dalam pembuatan komik digital ini menggunakan aplikasi Canva For Education. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket berupa lembar uji validasi dan lembar uji kelayakan dari respon siswa. Hasil validasi ahli media diperoleh 93,57% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi dari dari ahli materi diperoleh 82,03% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian dari respon siswa diperoleh 92,4% dengan kategori sangat layak. Dari hasil penelitian tersebut semua tahapan, dalam penelitian dan pengembangan komik digital telah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.  

Published

30.04.2024

How to Cite

Nasution, R. P. A., Putra, M. J. A., & Alim, J. A. (2024). Pengembangan Komik Digital untuk Siswa Sekolah Dasar ‘Mengapa Kita Perlu Makan dan Minum’. Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(2), 114–127. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i2.250