Peran Guru dalam Mengembangkan Moral Melalui Pembelajaran Abad 21 pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p567-574Keywords:
Peran Guru, Moral, Pembelajaran abad 21Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji peran guru dalam mengembangkan moral peserta didik melalui pembelajaran abad ke-21 di SD Islam Plus YLPI Pekanbaru. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kekhawatiran terhadap menurunnya nilai moral siswa di era digital, yang menuntut guru tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, serta teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki tiga peran utama: sebagai pengelola, pengarah, dan evaluator pembelajaran. Guru menciptakan lingkungan belajar kondusif, memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai, dan menerapkan pendekatan proyek serta kegiatan Profil Pelajar Pancasila untuk menanamkan nilai moral. Selain itu, guru membentuk kebiasaan belajar positif dan memotivasi siswa melalui keteladanan dan pendekatan personal. Dalam evaluasi, guru melakukan penilaian berkelanjutan terhadap perilaku siswa dengan melibatkan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran abad ke-21 dapat menjadi sarana efektif dalam pengembangan moral peserta didik apabila dilaksanakan secara menyeluruh dan kolaboratif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Rahma Aulia, Zaka Hadikusuma Ramadan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.