Peran Guru dalam Mengembangkan Moral Melalui Pembelajaran Abad 21 pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Annisa Rahma Aulia Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p567-574

Keywords:

Peran Guru, Moral, Pembelajaran abad 21

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji peran guru dalam mengembangkan moral peserta didik melalui pembelajaran abad ke-21 di SD Islam Plus YLPI Pekanbaru. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kekhawatiran terhadap menurunnya nilai moral siswa di era digital, yang menuntut guru tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, serta teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki tiga peran utama: sebagai pengelola, pengarah, dan evaluator pembelajaran. Guru menciptakan lingkungan belajar kondusif, memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai, dan menerapkan pendekatan proyek serta kegiatan Profil Pelajar Pancasila untuk menanamkan nilai moral. Selain itu, guru membentuk kebiasaan belajar positif dan memotivasi siswa melalui keteladanan dan pendekatan personal. Dalam evaluasi, guru melakukan penilaian berkelanjutan terhadap perilaku siswa dengan melibatkan orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran abad ke-21 dapat menjadi sarana efektif dalam pengembangan moral peserta didik apabila dilaksanakan secara menyeluruh dan kolaboratif.

Published

31.07.2025

How to Cite

Rahma Aulia, A. R., & Ramadan, Z. H. . (2025). Peran Guru dalam Mengembangkan Moral Melalui Pembelajaran Abad 21 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 567–574. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p567-574