Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Seni Rupa
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p593-603Keywords:
Project Based Learning, KreativitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni rupa di sekolah dasar. Kreativitas merupakan salah satu keterampilan penting abad ke-21 yang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan, namun berdasarkan data tingkat kreativitas siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Kondisi ini menunjukkan pentingnya strategi pembelajaran yang mampu merangsang daya cipta dan kemampuan berpikir inovatif siswa sejak dini. PjBL adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses merancang, merencanakan mengerjakan, dan menyelesaikan hasil karya. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) terhadap 15 artikel ilmiah yang relevan dan diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara konsisten mampu meningkatkan kreativitas siswa secara signifikan, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Temuan ini menunjukkan bahwa PjBL merupakan pendekatan yang efektif dalam membangun suasana belajar yang kreatif dan partisipatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan model pembelajaran yang lebih inovatif dan menyenangkan, serta menjadi referensi bagi para pendidik dalam memilih metode yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran yang tepat sangat berperan dalam mengembangankan kreativitas siswa dalam proses belajar-mengajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 silvia Khoerun Nisa, Budi Kurnia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.