Penggunaan Media 3 Dimensi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v3i2.235Keywords:
3D space building, Learning interest, Math learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media tiga dimensi bangun ruang dalam meningkatan minat belajar siswapada mata pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang tidak jauh berbeda dari prinsip yang digunakan dalam jenis penelitian lain. Sampel penelitian terdiri dari pemilihan sampel secara acak pada kelas 4 di SDN 1 Cimahi yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 15 orang anak perempuan dan 14 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media tiga dimensi dalam pembelajaran matematika secara signifika meningkatkan minat belajar siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes menunjukan peningkatan yang signfikan setelah interpensi media tiga dimensi ditetapkan. Siswa menunjukan antusiasme yang lebih tinggi dan keterlibatan yang lebih aktif selama proses pembelajaran, yang berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik pada pemahaman konsep bangun ruang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irne Sintia, Dinda Afrisa Kusmana, Vicky Dinda Hawa Alicia, Alya Ihsani Putri, Budi Kurnia (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.