Penggunaan Media 3 Dimensi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran Matematika

Authors

  • Irne Sintia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Dinda Afrisa Kusmana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Vicky Dinda Hawa Alicia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Alya Ihsani Putri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Budi Kurnia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v3i2.235

Keywords:

3D space building, Learning interest, Math learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media tiga dimensi bangun ruang dalam meningkatan minat belajar siswapada mata pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang tidak jauh berbeda dari prinsip yang digunakan dalam jenis penelitian lain. Sampel penelitian terdiri dari pemilihan sampel secara acak pada kelas 4 di SDN 1 Cimahi yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 15 orang anak perempuan dan 14 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media tiga dimensi dalam pembelajaran matematika secara signifika meningkatkan minat belajar siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes menunjukan peningkatan yang signfikan setelah interpensi media tiga dimensi ditetapkan. Siswa menunjukan antusiasme yang lebih tinggi dan keterlibatan yang lebih aktif selama proses pembelajaran, yang berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik pada pemahaman konsep bangun ruang. 

Published

30.04.2024

How to Cite

Sintia, I., Kusmana, D. A., Alicia, V. D. H., Putri, A. I. ., & Kurnia, B. . (2024). Penggunaan Media 3 Dimensi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran Matematika. Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(2), 97–105. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i2.235

Most read articles by the same author(s)