Penerapan Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Siti Jamilah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Asti Fuji Astuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Nadiatul Alifah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Diki Firmansyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra
  • Budi Kurnia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v3i2.234

Keywords:

PjBL

Abstract

Rendahnya tingkat keaktifan siswa dalam diskusi dan tanya jawab. Hasil belajar siswa yang belum optimal. Rendahnya minat belajar siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: Pembelajaran yang kurang menarik dan berpusat pada guru. Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Kurangnya kesempatan bagi siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif, yaitu Project Based Learning (PjBL). Untuk menyelesaikan proyek tersebut, siswa perlu melakukan berbagai aktivitas belajar, seperti: Mencari informasi. Berdiskusi. Bekerja sama dalam tim. Berpikir kritis dan kreatif. Menyajikan hasil karya. Sehingga siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam menyusun jurnal ini yaitu kajian literatur dari karya tulis ilmiah para peneliti sebelumnya mulai dari tahun 2016 sampai sekarang. Kajian literatur berarti satu penelusuran dan penelitian kepustakaan dengan membaca berbagai buku, jurnal, dan terbitan-terbitan lain yang berkaitan dengan topik penelitian, untuk menghasilkan satu tulisan berkenaan dengan satu topik atau isu tertentu.Setelah menerapkan model PjBL ini ternyata siswa lebih merasa senang dan paham terhadap materi. Jadi, minat siswa lebih meningkat lagi daripada sebelumnya.  

 

Published

30.04.2024

How to Cite

Jamilah, S., Astuti, A. F., Alifah, N., Firmansyah, D., & Kurnia, B. (2024). Penerapan Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(2), 106–113. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i2.234

Most read articles by the same author(s)