MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GASING KELAS V SDN PANGERAN 2
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i4.209Keywords:
Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model GASINGAbstract
Penelitian ini berfokus pada rendahnya aktivitas, hasil belajar siswa.. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Dikelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Yang berjumlah 12 orang siswa. Data yang diambil diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 22 dengan kriteria cukup baik meenjadi 33 dengan kritea sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 50% dengan kriteria cukup baik menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 25% dengan kriteria kurang aktif menjadi 100%. Hasil belajar dan minat belajar afektif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi 100%. Hasil belajar aspek psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model GASING dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuliani Syafitri, Ari Hidayat (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.