MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL BINGKA

Authors

  • Esty Fahlupi Yurinda Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Ari Hidayat Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.194

Keywords:

Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model BINGKA

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas, berpikir kritis dan hasil belajar, siswa kesulitan memahami materi PPKN di SDN Anjir Seberang Pasar II.1 dan masih beradaptasi dengan pembelajaran tatap muka akibat dari efek pandemi. Mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran BINGKA dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu empat kali pertemuan. Pendekatan dilakukan dengan pendekatan kualitatif, perolehan data yaitu hasil dari observasi terhadap aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil menunjukkan adanya peningkatan dari berbagai segi aspek aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Keterampilan berpikir kritis mampu mencapai kriteria sangat kritis secara klasikal dan hasil belajar siswa baik individual maupun klasikal mampu memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu 70 dengan presentase ≥80%.

Published

30.04.2023

How to Cite

Yurinda, E. F., & Hidayat, A. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL BINGKA. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 184–193. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.194