MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL BAIMAN PADA MUATAN PPKn KELAS V SDN ALALAK SELATAN 1

Authors

  • Maulia Dwiyanti Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia
  • Ari Hidayat Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.196

Keywords:

Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model BAIMAN, Berpikir Kritis

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Alalak Selatan 1 yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, pada semester 1 tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan IV telah terlaksana dengan kriteria ”Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan IV menjadi 100% dan memperoleh kriteria ”Sangat Aktif”. Adapun keterampilan berpikir kritis pada pertemuan IV menjadi 100% dan memperoleh kriteria ”Sangat Terampil”. Hasil belajar siswa aspek kognitif secara klasikal pada pertemuan 4 menjadi 100% tuntas. Hasil belajar aspek afektif siswa secara klasikal pada pertemuan 4 menjadi 100%. Hasil belajar psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Published

31.07.2023

How to Cite

Dwiyanti, M., & Hidayat, A. (2023). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL BAIMAN PADA MUATAN PPKn KELAS V SDN ALALAK SELATAN 1. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 285–297. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.196