MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PENTAS BERBASIS TPACK
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i4.210Keywords:
Learning Activitie, Learning Outcome, PENTAS ModelAbstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan dampak dari peserta didik kurang memiliki semangat dan motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Selanjutnya, pemahaman peserta didik terhadap suatu materi lambat dan kurang menguasai merupakan dampak dari peserta didik kurang terlatih memahami konsep pelajaran yang diajarkan serta model pembelajaran yang digunakan guru hanya ceramah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas belajar peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan pada aktivitas guru di pertemuan 1 sampai pertemuan 4 mengalami peningkatan dengan skor 16 menjadi 32. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 mengalami peningkatan dengan skor 41% menjadi 100%. Kemudian, untuk ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 mengalami peningkatan dengan mencapai 100% pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PENTAS dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas belajar peserta didik, dan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fatimah Azzahra, Muhammad Saleh (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.