MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT BERBEDA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN SNOWBALL THROWING

Authors

  • Meida Nurmini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat
  • Sunarno Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i4.205

Keywords:

Learning Outcomes, Snowball Throwing, Problem Based Learning

Abstract

Rendahnya hasil belajar selama pembelajaran matematika, terutama mengenai Penjumlahan Pecahan, Penyebut Penyebut, menjadi permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini. Dengan demikian penelitian ini selesai dengan maksud untuk mengetahui latihan pendidik, latihan peserta didik dan hasil belajar dalam memanfaatkan perpaduan model pembelajaran Issue Based Learning, Snowball Tossing pada materi Perluasan Porsi dengan Berbagai Penyebut. Ujian ini merupakan penelitian kegiatan wali kelas. Sepuluh peserta didik kelas V SDN Aluh – Aluh Besar 2 Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2022/23 dijadikan sebagai subjek penelitian. Lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil belajar peserta didik digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Tanda kemajuan penelitian kegiatan wali kelas peserta didik mampu mencapai nilai di atas KKM atau ≥65 dan dapat mencapai indikator keberhasilan secara klasikal ≥80% dari semua peserta didik di kelas, dan gerakan pendidik dapat sampai pada model "umumnya sangat baik" dan aktivitas peserta didik dapat sampai pada ukuran "sangat dinamis". Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran mencapai keberhasilan mutu kegiatan pendidik dengan kategori “sangat baik”. Pada siklus II, peserta didik memperoleh aktivitas kategori “sangat aktif”. Peserta didik mencapai keberhasilan ketika menguasai materi yang dipelajarinya, seperti tuntas baik secara individual maupun klasikal.

Published

31.10.2023

How to Cite

Nurmini, M., & Sunarno. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT BERBEDA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN SNOWBALL THROWING. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(4), 320–328. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i4.205