Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Diagram Batang Melalui Model Problem Based Learning Berbasis TPACK

Authors

  • Putri Febriani Lisamsi Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Riau
  • Mutiara Ramadhani Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Riau
  • Gita Ardianti Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Riau
  • Elsa Avrelia Wulandari Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Riau
  • Rahmatul Jannah Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Riau
  • Dede Permana Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Riau
  • Abdul Mukti Sekolah Dasar Negeri 9 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p285-293

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Diagram Batang, Problem Based Learning, TPACK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi diagram batang melalui model Problem Based Learning (PBL) berbasis TPACK di kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus I dan siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 62,2 (pra-siklus) menjadi 76,6 (siklus I) dan 91 (siklus II). Ketuntasan klasikal juga meningkat dari 47% (pra-siklus), 61% (siklus I), hingga mencapai 83% (siklus II), dengan nilai N-Gain sebesar 67 sehingga dikatakan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning berbasis TPACK dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.

Published

20.07.2025

How to Cite

Lisamsi, P. F., Ramadhani, M., Ardianti, G. ., Wulandari, E. A. ., Jannah, R., Permana, D., & Mukti, A. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Diagram Batang Melalui Model Problem Based Learning Berbasis TPACK. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 285–293. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p285-293