Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Diagram Batang Melalui Model Problem Based Learning Berbasis TPACK
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p285-293Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Diagram Batang, Problem Based Learning, TPACKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi diagram batang melalui model Problem Based Learning (PBL) berbasis TPACK di kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus I dan siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 62,2 (pra-siklus) menjadi 76,6 (siklus I) dan 91 (siklus II). Ketuntasan klasikal juga meningkat dari 47% (pra-siklus), 61% (siklus I), hingga mencapai 83% (siklus II), dengan nilai N-Gain sebesar 67 sehingga dikatakan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning berbasis TPACK dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Febriani Lisamsi, Mutiara Ramadhani, Gita Ardianti, Elsa Avrelia Wulandari, Rahmatul Jannah, Dede Permana, Abdul Mukti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.