PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 173 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i4.206Keywords:
Think Talk Write, Keaktifan belajar siswa, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran think talk write terhadap keaktifan belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SD Negeri 173 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan pada penelitian Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Desain. Desain pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran think talk write dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, dan penyebaran angket. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan analisis hasil observasi. Hasil uji mann whitney menunjukkan bahwa post-angket kelas kontrol memiliki rata-rata 12.82 dan rata-rata kelas eksperimen 26,18. Hasil uji ini dapat dilihat pada bagian Asimp.sig (2- tailed) 0.000 < 0.05, maka H1 diterima dan Ho ditolak, artinya penerapan model pembelajaran think talk write berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irma Fitria, Guslinda Guslinda, Dede Permana (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.