MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.127Keywords:
Pembelajaran IPS, Pembelajaran berbasis masalah, Keterampilan 4CAbstract
Pembelajaran IPS pada hakikatnya adalah disiplin ilmu yang mempelajari terkait kehidupan, masyarakat, hubungan sosial, dan sebagai upaya pembentukan karakter peserta didik. Untuk itu pembelajaran yang dilakukan harus penuh bermakna dan dapat melatih keterampilan 4C (Critical Thinking, Colaboration, Communication, and Creatif) peserta didik. Alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan memilih strategi dan model pembelajaran yang mendukung. Model Problem based learning diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna serta dapat meningkatkan keterampilan 4C peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literatur dan data yang didapati berasal dari buku, artikel ilmiah, jurnal, dan literatur lainnya.. Mendapati hasil bahwa model problem based learning menjadi stimulus yang baik untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran IPS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Azzah'ra Syafitri Aulia (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.