MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Azzah'ra Syafitri Aulia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.127

Keywords:

Pembelajaran IPS, Pembelajaran berbasis masalah, Keterampilan 4C

Abstract

Pembelajaran IPS pada hakikatnya adalah disiplin ilmu yang mempelajari terkait kehidupan, masyarakat, hubungan sosial, dan sebagai upaya pembentukan karakter peserta didik. Untuk itu pembelajaran yang dilakukan harus penuh bermakna dan dapat melatih keterampilan 4C (Critical Thinking, Colaboration, Communication, and Creatif)  peserta didik. Alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan memilih strategi dan model pembelajaran yang mendukung. Model Problem based learning diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna serta dapat meningkatkan keterampilan 4C peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literatur dan data yang didapati berasal dari buku, artikel ilmiah, jurnal, dan literatur lainnya.. Mendapati hasil bahwa model problem based learning menjadi stimulus yang baik untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran IPS.

Published

30.04.2023

How to Cite

Aulia, A. S. (2023). MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C SISWA SEKOLAH DASAR . Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 120–125. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.127