PENGARUH METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 56 PEKANBARU

Authors

  • Dessy Oktari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.42

Keywords:

Metode Resource Based Learning, Peningkatan Hasil Belajar, RBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Resource Based
Learning( RBL) hasil belajar IPS, yang dilaksanakan di SDN 56 pekanbaru pada
semester genap TA 2022/2023 dengan subjek siswa kelas kontrol IV A 11 orang
siswa dan kelas eksperimen IV B 11 orang siswa. Bentuk penelitian ini
eksperimen-group prettest-posttest dengan menerapkan model pembelajaran
Resource Based Learning (RBL). Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya
hasil belajar IPS siswa kelas IV SD negeri 56 pekanbaru, hal ini terlihat dari hasil
prestes. Instrumen pada penelitian ini soal prettest dan posttest. Dari hasil
analisis data diperoleh data hasil belajar IPS siswa kelas IV SD negeri 56
pekanbaru tergolong rendah. Solusi untuk memperbaiki masalah tersebut yaitu
dengan menerapkan metode Resource Based Learning (RBL). Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh hasil yang baik dan positif untuk penerapan metode Resource
Based Learning (RBL) dalam pelajaran IPS. Hasil analisis data diperoleh skor
rata – rata presttest kelas kontrol 59,54% dan kelas eksperimen 61,81%
sedangkan pada posttest kelas kontrol 75,90 % dan kelas eksperimen 86,36%.
Hasil data uji t didapat perbedaan yang signifikan antaran kelas kontrol dan
eksperimen setelah diberikan perlakuan dengan penerapan metode Resource
Based Learning (RBL) terhadap peningkatan hasil belajar IPS

Published

31.07.2022

How to Cite

Oktari, D. (2022). PENGARUH METODE RESOURCE BASED LEARNING (RBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI 56 PEKANBARU. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 168–173. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.42