PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SISWA KELAS V SDN 188 PEKANBARU

Authors

  • Gebby Indah Putri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Zariul Antosa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i4.207

Keywords:

Keterampilan Menulis, Poster, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan memastikan model pembelajaran Project Based Learning meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SDN 188 Pekanbaru. Metode penelitian melalui metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi eksperimental Research dan menggunakan bentuk Nonequivalent Kontrol Group Desain. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain. Berdasarkan hasil pretest penelitian diketahui keterampilan menulis poster siswa adalah 73. Setelah diberi perlakuan dengan model pemebelajaran Project Based Learning pada posttest rata-rata keterampilan menulis poster siswa adalah 85. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,44 dalam kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,20 kategori rendah. Hasil uji hipotesis memperoleh hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,44. Maka didapatkan nilai signifikansi < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 Berdasarkan data hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis poster siswa.

Published

31.10.2023

How to Cite

Putri, G. I., & Antosa, Z. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SISWA KELAS V SDN 188 PEKANBARU. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(4), 348–360. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i4.207