DAMPAK PEMBELAJARAN PASCA DARING TERHADAP SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN 95 PEKANBARU

Authors

  • Fithrah Qalbina Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Gustimal Witri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Zariul Antosa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.135

Keywords:

Student Attitudes, Post-online Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran pasca daring terhadap sikap siswa kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 95 Pekanbaru. Pembelajaran pasca daring merupakan proses belajar mengajar yang pelaksanaan pembelajarannya secara tatap muka kembali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik kuesioner dan wawancara, dengan skala pengukuran yang digunakan skala likert. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar. Hasil dari penelitian ini adalah Dari 6 Indikator sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, santun dan toleransi  didapatkan skor dengan rata-rata 3,24 kategori baik.. Berdasarkan dari 6 indikator sikap yang berdampak negatif pada indikator sikap percaya diri, hal itu terlihat bahwa sebagian besar siswa tidak berani untuk menampilkan hasil diskusinya, dan bertanya kepada guru.

Published

31.01.2023

How to Cite

Qalbina, F., Witri, G. ., & Antosa, Z. (2023). DAMPAK PEMBELAJARAN PASCA DARING TERHADAP SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN 95 PEKANBARU. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 60–67. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.135