ANALISIS PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.183Keywords:
Learning, face to face, post pandemicAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Sekolah Dasar pasca pandemi COVID-19. Selama dua tahun kebelakang siswa belajar secara online atau mandiri dirumah yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Sehingga pada saat pembelajaran tatap muka dilaksanakan kembali, siswa sulit untuk beradaptasi lagi dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka disekolah. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru membuat guru mengalami kesulitan dalam proses mengajar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan beberapa tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, dan juga penilaian. Dari ketiga tahapan ini guru sudah melaksanakan dengan baik. Pada pembelajaran tatap muka pasca pandemi ini guru harus lebih ekstra lagi karena terdapat beberapa siswa yang masih belum memahami materi dengan baik, sikap siswa yang belum bisa mengontrol diri untuk tidak bermain dengan temannya karena dampak dari pembelajaran daring sebelumnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mutia Nur Elisa, Gustimal Witri, Syahrilfuddin (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.