ANALISIS PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Mutia Nur Elisa Program Studi Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Gustimal Witri Program Studi Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Syahrilfuddin Program Studi Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.183

Keywords:

Learning, face to face, post pandemic

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Sekolah Dasar pasca pandemi COVID-19. Selama dua tahun kebelakang siswa belajar secara online atau mandiri dirumah yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Sehingga pada saat pembelajaran tatap muka dilaksanakan kembali, siswa sulit untuk beradaptasi lagi dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka disekolah. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru membuat guru mengalami kesulitan dalam proses mengajar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan beberapa tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, dan juga penilaian. Dari ketiga tahapan ini guru sudah melaksanakan dengan baik. Pada pembelajaran tatap muka pasca pandemi ini guru harus lebih ekstra lagi karena terdapat beberapa siswa yang masih belum  memahami materi dengan baik, sikap siswa yang belum bisa mengontrol diri untuk tidak bermain dengan temannya karena dampak dari pembelajaran daring sebelumnya.

Published

30.04.2023

How to Cite

Elisa, M. N., Witri, G., & Syahrilfuddin. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI COVID-19. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 209–217. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.183