PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.66Keywords:
Kelas Rendah, Pembelajaran jarak Jauh, Teknologi Informasi dan KomunikasiAbstract
Selama pandemi COVID 19, sistem pendidikan di Indonesia berubah. Perubahan ini di ukung Surat Edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai perubahan sistem pembelajaran tatap muka di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring yang diberlakukan untuk semua tingkat pendidikan, termasuk sekolah dasar. Pembelajaran jarak jauh ini menuntut guru dan siswa memahami, menggunakan dan memanfaatkan media teknologi informasi dan komunikasi semaksimal mungkin agar dapat bertemu di dunia maya dan melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan media teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di kelas rendah sekolah dasar. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Data yang digunakan adalah data sekunder yang dikumpulkan dari artikel, jurnal dan buku. Kriteria yang dipilih yaitu mengenai penggunaan dan pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi di kelas rendah sekolah dasar selama pembelajaran jarak jauh atau daring. Dari beberapa sumber yang didapatkan, kemudian dipilih yang paling relevan dan diperoleh 9 artikel. Hasil penelitian studi pustaka ini adalah media teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan selama pembelajaran daring di kelas rendah di beberapa sekolah dasar adalah WhatsApp, YouTube, Zoom Meeting, dan audio visual (animasi).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tissa Maharani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.