PENDIDIKAN MENENGAH PERTAMA DI MASA PASCA PANDEMI COVID-19: TRANSFORMASI, TANTANGAN DAN ADAPTASI PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIST DI MTS NURUL ISLAM BOYOLALI

Authors

  • Ainul Luthfia Al Firda Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Siti Hafsoh MTs Nurul Islam Boyolali

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.146

Keywords:

Educational Transformation, Educational Challenges, Post Covid-19 Educational Strategies

Abstract

Pandemi covid-19 dan catatan kelam pendidikan membuat seluruh lembaga pendidikan terpukul mundur. Tidak terkecuali Mts Nurul Islam Boyolali. Transformasi pendidikan dari berbagai cara turut dilakukan mulai dari pembelajaran secara online, tatap muka terbatas, blended learning hingga full tatap muka. Pada masa gencarnya Covid-19 self directed learning menjadi ujung tombak pemulihan pendidikan. Urgensi penelitian ini menitikberatkan pada transformasi, tantangan dan adaptasi pembelajaran Al-Quran Hadist di era pasca pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan prosedur penelitian mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan penulisan hasil serta publikasi. Hasil penelelitian ini ialah transformasi pembelajaran di Mts Nurul Islam dengan metode pembelajaran blended learning yakni menghubungkan metode konvensional dengan perkembangan teknologi digital. Output penerapan metode ini adalah implementasi siswa pada praktik kehidupan sehari-hari yang tercermin dari kepribadian dan karakternya yang sesuai dengan nilai-nilai islami.

Author Biography

Siti Hafsoh, MTs Nurul Islam Boyolali

Guru Al-Quran Hadist Mts Nurul Islam Boyolali

Published

31.01.2023

How to Cite

Ainul Luthfia, & Hafsoh, S. . (2023). PENDIDIKAN MENENGAH PERTAMA DI MASA PASCA PANDEMI COVID-19: TRANSFORMASI, TANTANGAN DAN ADAPTASI PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIST DI MTS NURUL ISLAM BOYOLALI. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 52–59. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.146