PENDIDIKAN MENENGAH PERTAMA DI MASA PASCA PANDEMI COVID-19: TRANSFORMASI, TANTANGAN DAN ADAPTASI PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIST DI MTS NURUL ISLAM BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.146Keywords:
Educational Transformation, Educational Challenges, Post Covid-19 Educational StrategiesAbstract
Pandemi covid-19 dan catatan kelam pendidikan membuat seluruh lembaga pendidikan terpukul mundur. Tidak terkecuali Mts Nurul Islam Boyolali. Transformasi pendidikan dari berbagai cara turut dilakukan mulai dari pembelajaran secara online, tatap muka terbatas, blended learning hingga full tatap muka. Pada masa gencarnya Covid-19 self directed learning menjadi ujung tombak pemulihan pendidikan. Urgensi penelitian ini menitikberatkan pada transformasi, tantangan dan adaptasi pembelajaran Al-Quran Hadist di era pasca pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan prosedur penelitian mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan penulisan hasil serta publikasi. Hasil penelelitian ini ialah transformasi pembelajaran di Mts Nurul Islam dengan metode pembelajaran blended learning yakni menghubungkan metode konvensional dengan perkembangan teknologi digital. Output penerapan metode ini adalah implementasi siswa pada praktik kehidupan sehari-hari yang tercermin dari kepribadian dan karakternya yang sesuai dengan nilai-nilai islami.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ainul Luthfia Al Firda, Siti Hafsoh (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.