Analisis Penerapan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Asesmen Digital Pembelajaran IPAS di SD Muhammadiyah 1 Taman
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p188-198Keywords:
Asesment, Quizizz, IPAS, Elementary SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi Quizizz sebagai media asesmen digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Muhammadiyah 1 Taman, serta mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya dari perspektif siswa dan guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, angket respon siswa, dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran, seperti meningkatnya antusiasme, rasa percaya diri, dan kenyamanan siswa dalam mengerjakan soal. Mayoritas siswa menyatakan lebih menikmati asesmen berbasis digital dibandingkan metode konvensional. Selain itu, fitur gamifikasi dan penilaian instan turut mendorong motivasi belajar yang lebih tinggi. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah memberikan alternatif strategi asesmen digital yang lebih efektif, menyenangkan, dan relevan dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan dasar. Penelitian ini juga mendukung transformasi pembelajaran berbasis teknologi sebagai bagian dari implementasi di dunia pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Yahya Adi Darma, Moh. Nur Faizi, Muhammad Sayyaf, Muhammad Zanuar Tri Yulianto, Ridha Rahmah Cahyani, Natasya Ayu Datis Ananda, Haya Zahra, Ika Dian Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.