Analisis Penerapan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Asesmen Digital Pembelajaran IPAS di SD Muhammadiyah 1 Taman

Authors

  • Achmad Yahya Adi Darma Universitas Trunojoyo Madura
  • Moh. Nur Faizi Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhammad Sayyaf Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhammad Zanuar Tri Yulianto Universitas Trunojoyo Madura
  • Ridha Rahmah Cahyani Universitas Trunojoyo Madura
  • Natasya Ayu Datis Ananda Universitas Trunojoyo Madura
  • Haya Zahra Universitas Trunojoyo Madura
  • Ika Dian Rahmawati Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p188-198

Keywords:

Asesment, Quizizz, IPAS, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi Quizizz sebagai media asesmen digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Muhammadiyah 1 Taman, serta mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya dari perspektif siswa dan guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, angket respon siswa, dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran, seperti meningkatnya antusiasme, rasa percaya diri, dan kenyamanan siswa dalam mengerjakan soal. Mayoritas siswa menyatakan lebih menikmati asesmen berbasis digital dibandingkan metode konvensional. Selain itu, fitur gamifikasi dan penilaian instan turut mendorong motivasi belajar yang lebih tinggi. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah memberikan alternatif strategi asesmen digital yang lebih efektif, menyenangkan, dan relevan dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan dasar. Penelitian ini juga mendukung transformasi pembelajaran berbasis teknologi sebagai bagian dari implementasi di dunia pendidikan

Published

15.07.2025

How to Cite

Darma, A. Y. A., Faizi, M. N. ., Sayyaf, M. ., Yulianto, M. Z. T. ., Cahyani, R. R. ., Ananda, N. A. D. ., Zahra, H. ., & Rahmawati, I. D. . (2025). Analisis Penerapan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Asesmen Digital Pembelajaran IPAS di SD Muhammadiyah 1 Taman. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 188–198. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p188-198