Strategi Tindakan Rasional Guru Sosiologi dalam Pembelajaran Diferensiasi

Authors

  • Syahlaa' Shoofi Ibrahim sebelas maret university
  • Siany Indria Liestyasari Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, FKIP, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p311-319

Keywords:

Pembelajaran diferensiasi, Guru sosiologi, Tindakan rasional

Abstract

Pembelajaran diferensiasi sebagai pendekatan utama dalam kurikulum merdeka membawa tantangan tersendiri terutama bagi guru selaku pelaksana pendidikan dalam mewadahi keberagaman dan kebutuhan belajar bagi setiap peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tindakan rasional guru sosiologi pada strategi praktik yang digunakan dalam pembelajaran berdiferensiasi di SMA Negeri 6 Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan berbasis pada teori tindakan rasional James Coleman. Data diperoleh dari delapan informan yang terdiri dari empat guru sosiologi, satu guru wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan tiga peserta didik yang ditetapkan dengan metode purposive sampling. Sumber data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dokumen informan, dan penelitian terdahulu. Validitas data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Penelitian ini menghasilkan data bahwa guru sosiologi mengambil tindakan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran diferensiasi dengan mengendalikan sumber daya yang dimilikinya. Strategi yang dilakukan guru sosiologi, yaitu strategi dalam optimalisasi pembelajaran diferensiasi dan strategi dalam implementasi pembelajaran diferensiasi. Meskipun belum sepenuhnya maksimal, namun upaya yang diakukan guru sosiologi mampu mencapai tujuannya sebagai aktor yang rasional dengan memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik melalui implementasi pembelajaran diferensiasi

Published

20.07.2025

How to Cite

Ibrahim, S. S., & Liestyasari, S. I. (2025). Strategi Tindakan Rasional Guru Sosiologi dalam Pembelajaran Diferensiasi. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 311–319. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p311-319