Strategi Tindakan Rasional Guru Sosiologi dalam Pembelajaran Diferensiasi
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p311-319Keywords:
Pembelajaran diferensiasi, Guru sosiologi, Tindakan rasionalAbstract
Pembelajaran diferensiasi sebagai pendekatan utama dalam kurikulum merdeka membawa tantangan tersendiri terutama bagi guru selaku pelaksana pendidikan dalam mewadahi keberagaman dan kebutuhan belajar bagi setiap peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tindakan rasional guru sosiologi pada strategi praktik yang digunakan dalam pembelajaran berdiferensiasi di SMA Negeri 6 Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan berbasis pada teori tindakan rasional James Coleman. Data diperoleh dari delapan informan yang terdiri dari empat guru sosiologi, satu guru wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan tiga peserta didik yang ditetapkan dengan metode purposive sampling. Sumber data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dokumen informan, dan penelitian terdahulu. Validitas data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Penelitian ini menghasilkan data bahwa guru sosiologi mengambil tindakan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran diferensiasi dengan mengendalikan sumber daya yang dimilikinya. Strategi yang dilakukan guru sosiologi, yaitu strategi dalam optimalisasi pembelajaran diferensiasi dan strategi dalam implementasi pembelajaran diferensiasi. Meskipun belum sepenuhnya maksimal, namun upaya yang diakukan guru sosiologi mampu mencapai tujuannya sebagai aktor yang rasional dengan memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik melalui implementasi pembelajaran diferensiasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 syahlaa ibrahim, Siany Indria Liestyasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.