Analisis Kesulitan Guru Kelas IV dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar

Authors

  • Cahya Alam Amanulah Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadhan Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p300-310

Keywords:

Teacher Difficulties, Fourth Grade, Learning, Differentiated

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi ialah pendekatan yang bertujuan untuk
mengkondisikan tahapan belajar di kelas, sehingga dapat memfasilitasi proses
belajar bagi siswa secara individual. Masih terdapat banyak tantangan yang
dihadapi dalam implementasinya seperti kesulitan dalam mengelola kelas, karena
ada banyak aspek yang harus disiapkan seperti ada asesmen diagnostik kemudian
memetakan kebutuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk memngetahui
apa saja kesulitan guru kelas IV dalam menerapkan pembelajaran
berdiferensiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan menggunakan pendekatan studi kasus, hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan beberapa tahapan
seperti, pemetaan kebutuhan belajar, melaksanakan pembelajaran, dan
melaksanakan evaluasi. Dari tahapan tersebut didapatkan bahwa guru mendapati
beberapa kesulitan dalam melaksanakannya, khususnya dalam mencari konten
atau materi ajar yang mengakomodasi seluruh kebutuhan belajar siswa

Published

20.07.2025

How to Cite

Amanulah, C. A., & Ramadhan, Z. H. (2025). Analisis Kesulitan Guru Kelas IV dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 300–310. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p300-310