Analisis Kesulitan Guru Kelas IV dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p300-310Keywords:
Teacher Difficulties, Fourth Grade, Learning, DifferentiatedAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi ialah pendekatan yang bertujuan untuk 
mengkondisikan tahapan belajar di kelas, sehingga dapat memfasilitasi proses 
belajar bagi siswa secara individual. Masih terdapat banyak tantangan yang 
dihadapi dalam implementasinya seperti kesulitan dalam mengelola kelas, karena 
ada banyak aspek yang harus disiapkan seperti ada asesmen diagnostik kemudian 
memetakan kebutuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk memngetahui 
apa saja kesulitan guru kelas IV dalam menerapkan pembelajaran 
berdiferensiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif 
dengan menggunakan pendekatan studi kasus, hasil penelitian ini menunjukkan 
bahwa dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan beberapa tahapan 
seperti, pemetaan kebutuhan belajar, melaksanakan pembelajaran, dan 
melaksanakan evaluasi. Dari tahapan tersebut didapatkan bahwa guru mendapati 
beberapa kesulitan dalam melaksanakannya, khususnya dalam mencari konten 
atau materi ajar yang mengakomodasi seluruh kebutuhan belajar siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cahya_Alam Amanulah, Zaka Hadikusuma Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 
						 
							 
			
		 
			 
			 
				








