Analisis Kesulitan Guru Kelas IV dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p300-310Keywords:
Teacher Difficulties, Fourth Grade, Learning, DifferentiatedAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi ialah pendekatan yang bertujuan untuk
mengkondisikan tahapan belajar di kelas, sehingga dapat memfasilitasi proses
belajar bagi siswa secara individual. Masih terdapat banyak tantangan yang
dihadapi dalam implementasinya seperti kesulitan dalam mengelola kelas, karena
ada banyak aspek yang harus disiapkan seperti ada asesmen diagnostik kemudian
memetakan kebutuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk memngetahui
apa saja kesulitan guru kelas IV dalam menerapkan pembelajaran
berdiferensiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan menggunakan pendekatan studi kasus, hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan beberapa tahapan
seperti, pemetaan kebutuhan belajar, melaksanakan pembelajaran, dan
melaksanakan evaluasi. Dari tahapan tersebut didapatkan bahwa guru mendapati
beberapa kesulitan dalam melaksanakannya, khususnya dalam mencari konten
atau materi ajar yang mengakomodasi seluruh kebutuhan belajar siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cahya_Alam Amanulah, Zaka Hadikusuma Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.