PERAN KEPALA MADRASAH DALAM SUPERVISI PEMBELAJARAN GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH FATULMUBIN
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.31Keywords:
Kepala Madrasah, Supervisi PembeljaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab mengenai peran Kepala Madrasah dalam supervisi pembelajaran guru di MIS Fatulmubin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian wawancara menunjukkan bahwa Supervisi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah terhadap guru maupun pegawai dengan cara membuat pembinaan, mensosialisasikan, membuat jadwal pelaksanaan, menganalisis dan mengambil tindakan lanjut berjalan dengan baik serta peran Kepala Madrasah dalam supervisi mengunjungi kelas sangatlah penting karena untuk memperbaiki kinerja guru, yaitu pengajaran agar lebih baik lagi. Serta berguna untuk meningkatkan daya tarik bagi siswa untuk terciptanya kelas dalam kondisi yang menyenangkan dan nyaman untuk berjalannya proses belajar mengajar. Pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala madrasah diklaim sangat baik sebab hasil supervisi tersebut guru mampu mendapatkan pengetahuan serta pula guru mampu mengetahui kekurangan dan kelebihan mereka selama ini dalam melaksanakan tugas menjadi pendidik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nur Asia Boy, Asmawati R. Sengaji, Louay Almuhtadi Billah, Muhammad Nizam (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.