MANAJEMEN PERUBAHAN MODEL ADKAR DALAM PENDIDIKAN PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SMPN 1 PABELAN

Authors

  • Destin Ricardo Lase Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Desi Nalurita Sari Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.186

Keywords:

Management, education, Activator School

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana adanya perubahan pendidikan di Sekolah Penggerak yang telah dicanangkan oleh pemerintah untuk sekolah pada setiap jenjang untuk meningkatkan mutu dan hasil belajar siswa yang fokus pada pengembangan siswa secara holistik untuk terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Penyajian data menggunakan Miles dan Huberman: teknik reduksi data, penyajian, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Adanya paradigma baru dalam pengelolaan sekolah; 2) Siswa lebih kreatif dalam belajar; 3) Adanya peningkatan sumber daya manusia dari segi kompetensi dan karakter yang dimiliki oleh kepala sekolah dan guru.

Published

31.07.2023

How to Cite

Lase, D. R., & Sari, D. N. (2023). MANAJEMEN PERUBAHAN MODEL ADKAR DALAM PENDIDIKAN PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SMPN 1 PABELAN. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.186