Potret Sekolah Ramah Anak sebagai Upaya Mewujudkan Dimensi Kebhinekaan Global di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pucuk
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p524-536Keywords:
Sekolah Ramah Anak, Dimensi Kebhinekaan GlobalAbstract
Program kebijakan pendidikan yang menempatkan kebutuhan, hak dan perkembangan anak sebagai prioritas utama dalam setiap proses pembelajaran. Kebhinekaan global merupakan suatu rasa toleransi kepada kemajemukan suku ataupun bahasa dan saling menghargai pada perbedaan. Oleh karena itu, pentingnya sekolah ramah anak dalam mewujudkan kemajemukan di tengah keberagaman. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan potret sekolah ramah anak sebagai upaya mewujudkan dimensi kebhinekaan global di kelas V SD Muhammadiyah 1 Pucuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan yaitu model miles Huberman dan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu SD Muhammadiyah Pucuk memiliki kriteria sekolah ramah anak. Hal ini ditunjukkan dari kebijakan sekolah, pelaksanaan pembelajaran yang aman dan menyenangkan serta partisipasi anak yang aktif dan memiliki saran prasarana yang menunjang dengan kriteria sangat terpenuhi. Sedangkan dari segi dimensi kebhinekaan global SD Muhammadiyah 1 Pucuk memiliki kriteria sekolah dimensi kebhinekaan global.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elisa Fathihah, Ari Susandi, AF Suryaning Ati MZ.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.