ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV SDN 130 PEKANBARU

Authors

  • Yeni Armawinda Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Eddy Noviana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Neni Hermita Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.35

Keywords:

Analisis, Sikap Toleransi, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan dilakukan melalui proses pembelajaran yang dimana perkembangan dunia pendidikan dari tahun ketahun mengalami perubahan seperti bergesernya karakter anak bangsa. Banyak hal yang telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya perubahan kurikulum yang pada saat ini berlaku kurikulum 2013 yang menanamkan tentang pendidikan karakter. Terdapat 18 nilai karaker yang mengarahkan sikap siswa kepada perilaku yang baik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan salah satu nilai karakter yaitu sikap toleransi di kelas IV SDN 130 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui kuesioner dan wawancara dengan teknik analisis data berupa angka-angka statistik yang mengacu pada skala likert kemudian dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini bahwa siswa memiliki sikap toleransi dengan kategori sangat tinggi dan konversi sangat toleransi. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan peneliti dibidang pendidikan khususnya dalam sikap toleransi, dan sebagai bahan pertimbangan untuk peneliti yang akan datang.

Published

30.04.2022

How to Cite

Armawinda, Y., Noviana, E., & Hermita, N. (2022). ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV SDN 130 PEKANBARU. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 84–91. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.35