Peran Komunitas Belajar dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kualitas Pembelajaran Guru

Authors

  • Landriani Nurdin Program studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Jesi Alexander Alim Program studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Neni Hermita Program studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Hendri Marhadi Program studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Zetra Hainul Putra Program studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p335-340

Keywords:

Komunitas Belajar, Profesionalisme Guru, Kualitas Guru

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran komunitas belajar dalam meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pengajaran di SD Negeri 168 Pekanbaru. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 29 pendidik. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat (r = 0,707, p < 0,01) antara peran komunitas belajar dan kompetensi pedagogis guru. Komunitas belajar terbukti efektif dalam membangun nilai dan visi bersama, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan dalam aspek kerja tim kolaboratif, praktik pengembangan kooperatif, dan pemanfaatan teknologi. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya menciptakan lingkungan kolaboratif yang mendukung pertumbuhan profesional guru, yang sejalan dengan prinsip "Tri Pusat Pendidikan" Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa berinvestasi dalam komunitas belajar yang efektif dapat menjadi strategi yang berharga untuk meningkatkan kompetensi pedagogis guru, yang berpotensi mengarah pada peningkatan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa

Published

21.07.2025

How to Cite

Nurdin, L., Alim, J. A. ., Hermita, N. ., Marhadi, H., & Putra, Z. H. (2025). Peran Komunitas Belajar dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kualitas Pembelajaran Guru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 335–340. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p335-340

Most read articles by the same author(s)