Peran Komunitas Belajar dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kualitas Pembelajaran Guru
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p335-340Keywords:
Komunitas Belajar, Profesionalisme Guru, Kualitas GuruAbstract
Penelitian ini mengkaji peran komunitas belajar dalam meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pengajaran di SD Negeri 168 Pekanbaru. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 29 pendidik. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat (r = 0,707, p < 0,01) antara peran komunitas belajar dan kompetensi pedagogis guru. Komunitas belajar terbukti efektif dalam membangun nilai dan visi bersama, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan dalam aspek kerja tim kolaboratif, praktik pengembangan kooperatif, dan pemanfaatan teknologi. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya menciptakan lingkungan kolaboratif yang mendukung pertumbuhan profesional guru, yang sejalan dengan prinsip "Tri Pusat Pendidikan" Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa berinvestasi dalam komunitas belajar yang efektif dapat menjadi strategi yang berharga untuk meningkatkan kompetensi pedagogis guru, yang berpotensi mengarah pada peningkatan kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Landriani Nurdin, Jesi Alexander Alim, Neni Hermita, Hendri Marhadi, Zetra Hainul Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.