Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Youtube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX

Authors

  • Herika Marlinda Universitas Terbuka
  • Jesi Alexander Alim Universitas Riau
  • Ikhsan Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.273

Keywords:

Problem based Learning, Youtube, Berfikir kritis, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan YouTube terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Pasir Penyu. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi-experimental. Instrumen penelitian berupa tes berpikir kritis dan angket motivasi belajar yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa menggunakan model PBL berbantuan YouTube dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol sebesar 40,43% dan 44,57% pada kelas eksperimen dan motivasi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen pretest sebesar 42,65% dan kelas eksperimen posttest sebesar 48,10%.  Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.) pada kedua variabel lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning berbantuan YouTube dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Published

29.04.2025

How to Cite

Marlinda, H., Alim, J. A., & Ikhsan. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Youtube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX . Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(2), 71–86. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.273