EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEMTERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Meliyana Aini Program Studi Biologi, Universitas Bakti Indonesia
  • Dwi Swastanti Ridianingsih Program Studi Biologi, Universitas Bakti Indonesia
  • Indah Yunitasari Program Studi Kimia, Universitas Bakti Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.118

Keywords:

PjBL, STEM, Berfikir Kritis

Abstract

Project Based Learniing merupakan salah satu model pembelajarn yang cocok diguanakan untuk siswa dibidang Sains. Model PjBL berbasis pendekatan STEM bertujuan untuk meningkatkan keterampiilan berpikir kritis siswa. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu ketrampilan yang harus dimiliiki oleh siswa di Abad 21. Keterampilan ini membantu siswa dalam mengikuti tuntutan yang harus dicapai untuk mampu bersaing secara global. Metode yang digunakan mix method (kualitatif dan kuantitatif) dengan tujuan penelitian untuk mengidentfikasi efektivitas model PjBL berbasis STEM terhadap ketrampilan berpikir kritis siswa. Ketrampilan yang diukur berdasarkan 5 aspek keterampilan berpikir kritis, terdiri atas 12 indikator.  Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMP kelas VIII. Pengumpulan data dengan tes. Hasil penlitian menunjukan ketrampilan berpikir kritis diperoleh sebesar 96,1% dengan kategori sangat baik.

Published

31.10.2022

How to Cite

Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS STEMTERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247–253. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.118