KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA “RADIASI” BERBANTUAN SOFTWARE FOCUSKY UNTUK MEMFASILITASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Indah Yunitasari Universitas Bakti Indonesia
  • Meliyana Aini Universitas Bakti Indonesia
  • Hidayah Nurul Universitas Bakti Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.119

Keywords:

Learning Media, Science, Focusky, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran IPA berbantuan software Focusky pada materi radiasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Pogalan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 25 peserta didik pada tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu soal pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent Sample T Test dengan SPSS 16, serta effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test yang dilihat dari sig (2-tailed) sebesar 0,298 dan nilai tersebut kurang dari 0,05, sedangkan efektifitas media pembelajaran IPA diperoleh dari nilai effect size yaitu 0,6 dengan kategori sedang.

Published

31.10.2022

How to Cite

Indah, Aini, M., & Nurul, H. (2022). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA “RADIASI” BERBANTUAN SOFTWARE FOCUSKY UNTUK MEMFASILITASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 261–267. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.119