KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA “RADIASI” BERBANTUAN SOFTWARE FOCUSKY UNTUK MEMFASILITASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.119Keywords:
Learning Media, Science, Focusky, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran IPA berbantuan software Focusky pada materi radiasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Pogalan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 25 peserta didik pada tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu soal pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent Sample T Test dengan SPSS 16, serta effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test yang dilihat dari sig (2-tailed) sebesar 0,298 dan nilai tersebut kurang dari 0,05, sedangkan efektifitas media pembelajaran IPA diperoleh dari nilai effect size yaitu 0,6 dengan kategori sedang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Indah Yunitasari, Meliyana Aini, Hidayah Nurul (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.