PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MAHASISWA

Authors

  • Dwi Swastanti Ridianingsih Universitas Bakti Indonesia
  • Meliyana Aini Universitas Bakti Indonesia
  • Indah Yunitasari Universitas Bakti Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.165

Keywords:

Communication Skills, Think Pair Share (TPS), Lesson Study

Abstract

Perkembangan dunia globalisasi dihadapkan pada tantangan dan persaingan antar individu dan menuntut individu memiliki sebuah kualitas yang baik, yaitu adanya keterampilan berfikir, keterampilan berkomunikasi, keterampilan bertindak dan juga keterampilan menjalani kehidupan. Hasil observasi yang dilakukan dari beberapa minggu di kelas A matakuliah Belajar dan Pembelajaran pada mahasiswa S1 banyak permasalahan yang muncul yaitu kurangnya aktivitas siswa dalam belajar misalnya dalam kemampuan berpendapat (komunikasi), mahasiswa masih banyak yang kurang aktif dalam mengemukakan pendapatnya dan cenderung pasif, mereka aktif bila ditunjuk oleh dosen. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk mengukur kemampuan berkomunikasi (lisan dan tulis). Solusi yang diberikan yaitu penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lesson Study. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi mahasiswa program studi pendidikan biologi pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lesson Study. dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulis mahasiswa yang di tunjukkan dengan rata-rata yang didapatkan pada siklus I lisan 83,5 dan tulis 90,03; pada siklus II nilai rata-rata kelas kemampuan berkomunikasi lisan 95,9 dan tulis 94,59

Published

31.01.2023

How to Cite

Ridianingsih, D. S., Aini, M., & Yunitasari, I. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MAHASISWA. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 91–97. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.165