PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GERAK LURUS MELALUI PEMBELAJARAN MODELING INSTRUCTION

Authors

  • Nurul Hidayah Universitas Bakti Indonesia
  • Indah Yunitasari Universitas Bakti Indonesia
  • Meliyana Aini Universitas Bakti Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.117

Keywords:

Gerak, Modeling Instruction, Penguasaan Konsep

Abstract

Topik kinematika dalam ilmu fisika masih menjadi salah satu materi yang  terdapat kesulitan bagi siswa dalam mempelajarinya. Kesulitan yang dialami siswa mengakibatkan siswa mengalami kesalahpahaman konsep dalam menguasai materi kinematika seperti konsep posisi, kecepatan, dan percepatan.  Modeling Instruction merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi gerak lurus melalui Modeling Instruction. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Selanjutnya ditentukan uji normalitas yang selanjutnya untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa dilakukan uji beda dengan N-gain.  Hasil uji formalitas diperoleh hasil -1 sampai 1 sehingga data dikatakan terdistribusi normal.  Selanjutnya dilakukan uji beda dengan N-gain dengan hasil 0,30 artinya ada peniingkatan penguasaan konsep siswa dengan kategori medium bawah

Published

31.10.2022

How to Cite

Nurul, Yunitasari, I. ., & Aini, M. (2022). PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GERAK LURUS MELALUI PEMBELAJARAN MODELING INSTRUCTION. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 232–236. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.117