PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING PADA KONSEP PENGUKURAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hani Mega Pertiwi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.161

Keywords:

Remedial Teaching, Measurement concept, mathematic

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan remedial teaching pada mata pelajaran matematika materi pengukuran panjang, berat, dan waktu di UPT SD Negeri 12 Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan guru dalam mendiagnosis kesulitan belajar matematika peserta didik dengan mengidentifikasi peserta didik yang mengalami kesulitan melalui analisis nilai ulangan harian matematika materi pengukuran panjang, berat, dan waktu, dan mencari tahu letak kesulitan belajar peserta didik dengan melihat hasil kerjanya. Pelaksanaan remedial teaching menggunakan pendekatan kuratif. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan remedial teaching, yaitu pemberian tugas dan tanya jawab. Rekomendasi untuk peserta didik yang masih mengalami kesulitan belajar adalah dengan diberikan soal sebagai latihan. Bagi peserta didik yang masih remedi diberi soal dengan materi tetap dan dipelajari ulang, sementara peserta didik yang sudah tuntas diberi soal dengan materi selanjutnya.

Published

31.01.2023

How to Cite

Pertiwi, H. M., Subayani, N. W., & Umam, N. K. (2023). PELAKSANAAN REMEDIAL TEACHING PADA KONSEP PENGUKURAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 111–119. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.161

Most read articles by the same author(s)