PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Authors

  • Eka Rosdianwinata Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mathla’ul Anwar
  • Putri Tri Aprilianti Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Mathla’ul Anwar

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.64

Keywords:

Pendekatan, CTL, Minat Belajar, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pada saat proses pembelajaran matematika ditemukan kurangnya minat belajar dan kepercayaan diri siswa, sehingga hasil belajar mereka terbilang rendah dan tidak sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeksripsikan minat belajar matematika dan kepercayaan diri siswa dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Askep Smk Budi Utama Panimbang sebanyak 22 siswa, dengan mengambil 6 subjek untuk dilakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar matematika siswa dalam kategori berminat yaitu 73,57%, sedangkan untuk kepercayaan diri siswa dalam kategori tinggi yaitu 70,14%. Dengan meningkatnya minat belajar dan kepercayaan diri siswa membuat hasil belajar  siswa menjadi lebih baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pre-test dan posttest siswa dengan peningkatan sebesar 24,01%. Siswa pun merasa senang dengan pendekatan yang digunakan, karena siswa beranggapan dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru. Semakin tinggi minat belajar dan kepercayaan diri siswa, hasil belajar yang didapatkannya pun lebih baik. Pendekatan pembelajaran dengan menggunakan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan minat belajar matematika dan kepercayaan diri siswa serta hasil belajar siswa yang baik

Published

31.07.2022

How to Cite

Rosdianwinata, E., & Aprilianti, P. T. (2022). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 190–196. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.64