Literature Review : Pemanfaatan Media Pop-Up Book dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran IPA pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.301Keywords:
Pop-Up Book, Interest in Learning Science, Food Chain, Literature ReviewAbstract
Kurangnya semangat siswa dalam belajar berdampak pada pemahaman konseptual mereka mendekati mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sekolah dasar, khususnya pada materi rantai makanan. Materi rantai makanan cenderung bersifat abstrak dan sulit dipahami apabila hanya disampaikan secara verbal tanpa dukungan media visual yang menarik. Berdasarkan kondisi tersebut, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media Pop-Up Book dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari ilmu rantai makanan. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui penelusuran dan analisis terhadap 10 artikel ilmiah yang relevan, yang diperoleh dari sumber terpercaya seperti Google Scholar. Hasil analisis menunjukkan bahwa media Pop-Up Book memiliki karakteristik visual, interaktif, dan kontekstual yang mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan keaktifan mereka dalam proses pembelajaran, serta mendorong keterlibatan emosional yang berdampak pada meningkatnya minat dan motivasi belajar. Dengan demikian, Buku pop-up dipandang sebagai pengganti yang berguna untuk materi pembelajaran tradisional karena dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, khususnya pada materi yang membutuhkan visualisasi seperti rantai makanan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan dan penerapan media Pop-Up Book secara lebih luas serta perlunya studi lanjutan melalui penelitian lapangan untuk menguji efektivitasnya secara empiris.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Magfiroh, Lucky Nindi Riandika Marfu'i

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.