Penerapan Model Kolaboratif Think Pair Share pada Materi Penjumlahan terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 1 SD Negeri 2 Sumberbening
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.293Keywords:
Think Pair Share, Penjumlahan, Komunikasi Matematis, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kolaboratif Think Pair Share pada materi penjumlahan dan menganalisis dampaknya terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas 1 SD Negeri 2 Sumberbening. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Pair Share meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam diskusi, memperkuat pemahaman konsep penjumlahan, serta mengembangkan kemampuan komunikasi matematis secara verbal dan tertulis. Siswa menjadi lebih percaya diri dalam menjelaskan langkah penyelesaian soal cerita secara sistematis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Think Pair Share efektif dalam mendukung perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas 1 SD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fajar Vivi Sundari, Lucky Nindi Riandika Marfu'i

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.