Penerapan Model Kolaboratif Think Pair Share pada Materi Penjumlahan terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 1 SD Negeri 2 Sumberbening

Authors

  • Fajar Vivi Sundari Pendiikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Terbuka
  • Lucky Nindi Riandika Marfu'i Program Studi Bimbingan Konseling FIP, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.293

Keywords:

Think Pair Share, Penjumlahan, Komunikasi Matematis, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kolaboratif Think Pair Share pada materi penjumlahan dan menganalisis dampaknya terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas 1 SD Negeri 2 Sumberbening. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Pair Share meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam diskusi, memperkuat pemahaman konsep penjumlahan, serta mengembangkan kemampuan komunikasi matematis secara verbal dan tertulis. Siswa menjadi lebih percaya diri dalam menjelaskan langkah penyelesaian soal cerita secara sistematis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Think Pair Share efektif dalam mendukung perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas 1 SD.

Published

30.04.2025

How to Cite

Sundari, F. V., & Marfu’i, L. N. R. (2025). Penerapan Model Kolaboratif Think Pair Share pada Materi Penjumlahan terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 1 SD Negeri 2 Sumberbening. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(2), 143–150. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.293