Penerapan Metode STAD dalam Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Bulat di Kelas IV SDN 280518 Orudua

Authors

  • Herlina Zebua Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Terbuka
  • Martina Mulyani Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan
  • Lucky Nindi Riandika Marfu'i Program Studi Bimbingan Konseling, FIP, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.292

Keywords:

Operasi Hitung, Bilangan Bulat, Pemahaman konsep, Pembelajaran kooperatif, STAD

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 280518 Orudua Desa Hilibanua Kecamatan Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara, terhadap materi operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Permasalahan utama dalam pembelajaran sebelumnya adalah rendahnya hasil belajar siswa serta kurangnya partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus tindakan yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil evaluasi terhadap perangkat pembelajaran (RPP) menunjukkan peningkatan, di mana pada siklus I mencapai 78%, dan meningkat menjadi 98% pada siklus II. Dari aspek pelaksanaan pembelajaran, baik yang dilakukan oleh guru maupun keterlibatan siswa, diperoleh hasil 80% pada siklus I dan meningkat menjadi 98% pada siklus II. Adapun hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu dari rata-rata nilai 75 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat di tingkat sekolah dasar.

Published

30.04.2025

How to Cite

Zebua, H., Mulyani, M., & Marfu’i, L. N. R. (2025). Penerapan Metode STAD dalam Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Bulat di Kelas IV SDN 280518 Orudua. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(2), 133–142. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i2.292