Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p225-231Keywords:
PjBL, Hasil Belajar Matematika, Volume KubusAbstract
Di era sekarang Pendidikan di Sekolah Dasar (SD) khususnya harus mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada peserta didik, salah satunya dalam pembelajaran matematika materi volume kubus yang sering dianggap abstrak dan sulit dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 8 Pekanbaru pada materi volume kubus. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan 33 peserta didik sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 80,88 menjadi 88,48 dengan peningkatan yang signifikan secara statistik (p < 0,05). Pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan mendorong keterlibatan aktif peserta didik, sehingga dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan kontekstual di jenjang SD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Niken Ladisya, Affrati Adillah, Gebby Indah Putri, Khoiro Lathifa, Lidya Wulandari, Zariul Antosa, Ricka Sandy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.