Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus

Authors

  • Niken Ladisya Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP Universitas Riau
  • Affrati Adillah Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP Universitas Riau
  • Gebby Indah Putri Program Studi Pendiikan Profesi Guru, FKIP Universitas Riau
  • Khoiro Lathifa Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP Universitas Riau
  • Lidya Wulandari Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP Universitas Riau
  • Zariul Antosa Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP Universitas Riau
  • Ricka Sandy Sekolah Dasar Negeri 8 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p225-231

Keywords:

PjBL, Hasil Belajar Matematika, Volume Kubus

Abstract

Di era sekarang Pendidikan di Sekolah Dasar (SD) khususnya harus mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada peserta didik, salah satunya dalam pembelajaran matematika materi volume kubus yang sering dianggap abstrak dan sulit dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 8 Pekanbaru pada materi volume kubus. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan 33 peserta didik sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 80,88 menjadi 88,48 dengan peningkatan yang signifikan secara statistik (p < 0,05). Pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan mendorong keterlibatan aktif peserta didik, sehingga dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan kontekstual di jenjang SD.

Published

17.07.2025

How to Cite

Ladisya, N. ., Adillah, A., Putri, G. I., Lathifa, K. ., Wulandari, L. ., Antosa, Z., & Sandy, R. (2025). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 225–231. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p225-231

Most read articles by the same author(s)