PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) SISWA KELAS I SDN 1 RANTAU LURUS

Authors

  • Onih Kurniasih Sekolah Dasar Negeri 1 Rantau Lurus

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.188

Keywords:

PjBL, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Matematika juga perlu difungsikan secara maksimal sebagai wadah dalam mengembangkan kecerdasan, pemahaman, keterampilan, kemampuan serta membentuk karakter yang baik didalam diri siswa dalam kehidupan sehari-hari. Project Based Learning (PJBL) merupakan model pembelajaran inovatif yang memfokuskan pada belajar kontekstual melalui kegiatan yang kompleks. Kerja berbasis proyek memuat tugas-tugas yang kompleks berdasarkan kepada pertanyaan dan permasalahan (problem) yang sangat menantang dan menuntut siswa untuk merancang, memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan kegiatan investigasi, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerjsa secara mandiri. Penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Rantau Lurus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I (Satu), jumlah populasi penelitian sebanyak 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di SDN 1 Rantau Lurus, diperoleh hasil belajar siswa yang rata-rata mencapai nilai 78 dan persentase jumlah siswa yang mencapai nilai KKM adalah 90%. Hal ini meningkat secara signifikan dari siklus 1 ke siklus 2.

Published

31.07.2023

How to Cite

Kurniasih, O. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) SISWA KELAS I SDN 1 RANTAU LURUS . Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 305–309. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.188