PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN KOMAT DECOMA (KOMIK MATEMATIKA DESAIN COVID-19 KELAS LIMA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.147Keywords:
Cooperative Learning, Mathematical Comics, Learning OutcomesAbstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada proses pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan komik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode Pre-Experimental Design yang merupakan penelitian sistematis untuk menguji hipotesis hubungan sebab-akibat dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Untuk menguji hasil belajar matematika siswa kelas IV sekolah dasar diberikan test berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan rata rata dari pretest siswa yaitu 44,19 dan hasil posttest siswa yaitu dengan nilai rata-rata 76,19. Hasil uji Paired Sample T Test diperoleh nilai signifikan (2- tailed) sebesar 0.000 < (α = 0.05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pada proses pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan komik terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas V sekolah dasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Meri Oktavia, Gustimal Witri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.