PENGARUH METODE SPEED READING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 145 PEKANBARU

Authors

  • Desti Yolanda Firman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Otang Kurniaman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Gustimal Witri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Intan Kartika Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.7

Keywords:

Metode Speed Reading, Keterampilan Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh membaca pemahaman sebelum dan sesudah dengan menerapkan Metode Speed Reading. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen jenis desain One Grup Pretest-Postest Design, yaitu eksperimen yang dilakukan terhadap satu kelompok saja, tanpa ada pembanding. Penelitian ini dilakukan di SDN 145 Pekanbaru kelas V  yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) sebesar 57,54 sedangkan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (posttest) sebesar 81,58 serta nilai rata-rata gain sebesar 0,61 yang merupakan interpretasi sedang, serta hasil uji hipotesis menggunkan uji-t dengan thitung = 13,89 dan ttabel =2,0374 maka disimpulkan thitung > ttabel , maka tolak H0 artinya signifikan. Ini berarti terdapat pengaruh keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 145 Pekanbaru antara sebelum (pretest) dan sesudah (postest) menerapkan Metode Speed Reading . Hal ini menunjukkan bahwa Metode Speed Reading berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 145 Pekanbaru.

Published

31.01.2022

How to Cite

Firman, D. Y., Kurniaman, O. ., Witri, G. ., & Sari, I. K. (2022). PENGARUH METODE SPEED READING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 145 PEKANBARU. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.7