PENGEMBANGAN E-LKPD PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nora Andres Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Mahmud Alpusari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau
  • Intan Kartika Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.185

Keywords:

E-LKPD, Sience Learning, Liveworksheet

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi penggunaan lembar kerja peserta didik berbentuk elektronik. Proses pembelajaran biasanya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan E-LKPD berbantuan liveworksheets pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Metode penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, terdiri dari analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket,. Hasil penelitian diperoleh skor persentase rata-rata validator ahli media dan ahli bahasa sebesar 93,2 dan 90% dengan kategori sangat valid, hasil respon kedua guru adalah 97,7% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil uji satu satu dan uji kelompok kecil mendapatkan skor 88,5% dan 83,6% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dan respon peserta didik disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar. E-LKPD ini disarankan untuk digunakan guru pada proses pembelajaran di kelas agar membantu siswa mendapatkan pengalaman belajar baru dan menyenangkan.

Published

31.07.2023

How to Cite

Andres, N., Alpusari, M., & Sari, I. K. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR . Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 241–254. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.185