PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVEWORKSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Authors

  • Nahdiyah Nur Faidah UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
  • Hadiansah UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
  • Mila Listiawati UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia
  • Imam M Yamin Madrasah Tsanawiyah Negeri 2, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.182

Keywords:

Media Pembelajaran, Liveworksheets, Hasil Belajar, Pemanasan Global

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media liveworksheets. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment, dengan nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan media liveworksheets terlaksana dengan kategori yang “Sangat baik” sesuai data keterlaksanaan memperoleh rata-rata presentase 87% pada pertemuan pertama, 81%% pada pertemuan kedua, dan 86% pada pertemuan ketiga. Peningkatan hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,62 dengan kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U juga menunjukan Sig. 2-tailed (0,000) ≤ Ttabel (α = 0,05) berarti terdapat perbedaan antara kedua kelas. Indikator hasil belajar yang memiliki kategori pencapaian paling baik adalah indikator menyebutkan penyebab pemanasan global sebesar 0,92 dengan kategori tinggi. Rata-rata persentase respon siswa terhadap pembelajaran AIR sebesar 75,5% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian ini penggunaan media liveworksheets berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa serta membuat siswa lebih aktif dan kreatif

Published

30.04.2023

How to Cite

Faidah, N. N., Hadiansah, Listiawati, M., & Yamin, I. M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVEWORKSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 194–208. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.182