Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 05 Pinggir

Authors

  • Nindy Dwi Ranti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Riau
  • Zariul Antosa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Riau
  • Mahmud Alpusari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v3i2.231

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif, Think Pair Share (TPS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas V di SDN 05 Pinggir. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dipilih karena dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V C SDN 05 Pinggir yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik IBM SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pada pertemuan I dengan persentase sebesar 52,17% berada dalam kategori baik, dan pada pertemuan II hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 65,21% berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut, maka tidak terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS dan PPKn di kelas V C SDN 05 Pinggir.

Published

30.04.2024

How to Cite

Ranti, N. D., Antosa, Z., & Alpusari, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 05 Pinggir . Jurnal Kiprah Pendidikan, 3(2), 90–96. https://doi.org/10.33578/kpd.v3i2.231

Most read articles by the same author(s)