Analisis Nilai Nilai Karakter dalam Novel Kenang Langit Karya Kirana Kejora
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v3i1.218Keywords:
Nilai, Pendidikan Karakter, NovelAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya nilai pendidikan karakter untuk mendorong pribadi manusia yang berkapasitas, berkomitmen secara benar, juga memiliki tujuan hidup. Dengan demikian, dapat diintregasikan keseluruh aspek kehidupan yang digambarkan melalui sebuah karya sastra. Novel Kenang Langit karya Kirana Kejora memiliki unsur-unsur nilai karakter yang dapat dikaji dan di implementasikan dalam kehidupan sosial serta dalam bidang pendidikan bagi siswa. Novel Kenang Langit karya Kirana Kejora ini merupakan novel yang bertemakan tentang persahabatan. Adapaun alasan memilih Novel Kenang Langit ini karena, (a) terdapat nilai-nilai karakter yang dapat diajarkan kepada peserta didik; (b) kisah yang sangat inspiratif dan banyak motivasi; (c) banyaknya pesan moral (d) Bahasa yang dikemas secara sederhana dan menarik serta membuat novel ini menjadi sarana pembelajaran sastra yang menyenangkan di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam novel Kenang Langit karya Kirana Kejora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Kenang Langit Karya Kirana Kejora yaitu nilai kejujuran yang terdiri dari 2 data, nilai disiplin yang terdiri dari 6 data, nilai kreatif yang terdiri dari 13 data, nilai peduli sosial yang terdiri dari 27 data, nilai tanggung jawab yang terdiri dari 4 data. Maka dapat disimpulkan bahwa Novel Kenang Langit Karya Kirana Kejora sarat akan nilai pendidikan karakter. Nilai pendidikan karakter yang paling mendominasi Novel Kenang Langit Karya Kirana Kejora adalah nilai peduli sosial dengan jumlah data sebanyak 27 data.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rika Wahyuni Rika, Mahmud Alpusari, Eva Astuti Mulyani (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.