Pengembangan E-LKPD Berbasis Wizer.Me untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Azizah Dwi Safitri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • A.F. Suryaning Ati MZ. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Rizka Novi Irmaningrum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p389-401

Keywords:

E-LKPD Berbasis Wizer.me, Penguasaan Konsep, IPAS

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis wizer.me untuk meningkatkan penguasaan konsep serta untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektiifan E-LKPD dalam pembelajaran. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli desain, angket respon dan aktvitas, serta tes penguasaan konsep. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Sugio. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 3,83 kategori sangat valid, ahli desain dengan skor 3,88 kategori sangat valid, hasil uji coba kelompok kecil angket respon mendapatkan skor 3,44 kategori baik dan angket aktivitas mendapatkan skor 3,20 kategori baik, sedangkan pada uji coba kelompok besar angket respon mendapatkan skor dengan skor 3,50 kategori sangat baik dan angket aktvitas mendapatkan skor 3,90 kategori sangat baik, hasil dari uji T 0,000 < 0,05 dan untuk nilai efektivitas yang diperoleh dari perbandingan kedua kelas adalah 1,50, di mana nilai 1,50 > 1. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis wizer.me yang dikembangkan sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS secara signifikan.

Published

30.07.2025

How to Cite

Safitri, A. D., MZ., A. S. A. ., & Irmaningrum, R. N. . (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Wizer.Me untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 389–401. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p389-401