Pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPAS Siswa Kelas 5 SDN 2 Tambakrigadung Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p505-516Keywords:
Media Flipbook, Augmented Reality, Media Pembelajaran , IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan unuk mengembangkan media pembelajaran berupa Flipbook berbasis Augmented Reality sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPAS materi siklus air. Latar Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan pemahaman siswa karena media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media Flipbook berbasis Augmented Reality sangat valid digunakan, yang dibuktikan oleh hasil validasi ahli media 93,33% dan validasi ahli desain 93,85 %, dan ahli materi 91,25%, seluruh hasil validasi oleh ahli dikategorikan sangat valid. (2) media Flipbook berbasis Augmented Reality sangat praktis digunakan, yang dibuktikan dengan hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan memperoleh hasil persentase uji coba terbatas 87% dan uji coba lapangan 95,5%
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Enrika Triana Arisinta, Ahmad Ipmawan Kharisma, AF Suryaning Ati MZ

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.