Pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPAS Siswa Kelas 5 SDN 2 Tambakrigadung Lamongan

Authors

  • Enrika Triana Arisinta Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Ahmad Ipmawan Kharisma Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • AF Suryaning Ati MZ Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p505-516

Keywords:

Media Flipbook, Augmented Reality, Media Pembelajaran , IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengembangkan media pembelajaran berupa Flipbook berbasis Augmented Reality sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPAS materi siklus air. Latar Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan pemahaman siswa karena media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media Flipbook berbasis Augmented Reality sangat valid digunakan, yang dibuktikan oleh hasil validasi ahli media 93,33% dan validasi ahli desain 93,85 %, dan ahli materi 91,25%, seluruh hasil validasi oleh ahli dikategorikan sangat valid. (2) media Flipbook berbasis Augmented Reality sangat praktis digunakan, yang dibuktikan dengan hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan memperoleh hasil persentase uji coba terbatas 87% dan uji coba lapangan 95,5%

Published

31.07.2025

How to Cite

Arisinta, E. T., Kharisma, A. I. ., & MZ, A. S. A. (2025). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPAS Siswa Kelas 5 SDN 2 Tambakrigadung Lamongan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 505–516. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p505-516