Implementasi Pendekatan Joyful Learning Berbasis Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Dinda Afrisa Kusmana Universitas Nusa Putra
  • Sheryl Mutiara Putri Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p294-299

Keywords:

Joyfull Learning, Role Playing, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPAS di sekolah dasar disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional yang monoton dan tidak sesuai dengan pengalaman nyata siswa, sehingga mereka kesulitan memahami konsep, kurang aktif berdiskusi, dan tidak menunjukkan minat belajar yang tinggi.  Untuk menanggapi permasalahan tersebut, studi pendahuluan dilakukan melalui observasi dan wawancara bersama guru serta siswa, kemudian diperkuat dengan kajian literatur guna memperoleh gambaran yang lebih komprehensif. Hasil observasi mengungkapkan bahwa pendekatan joyful learning berbasis metode role playing belum diterapkan di sekolah tersebut. Berdasarkan temuan yang diperoleh, pendekatan ini menunjukkan potensi yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan layak dijadikan alternatif pembelajaran yang inovatif serta menyenangkan di tingkat sekolah dasar. Berdasarkan urgensi peningkatan kualitas pembelajaran, pendekatan ini perlu diujicobakan secara langsung agar manfaatnya dapat terukur secara ilmiah.

Published

20.07.2025

How to Cite

Kusmana, D. A., & Putri, S. M. . (2025). Implementasi Pendekatan Joyful Learning Berbasis Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), 294–299. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p294-299